Tuesday 9 August 2016

Body Robot Omni Wheel

Assalamu'alaikum Warahmatulahi Wabarakatuh...
Selamat siang para pembaca setia. Bagaimana kabarnya hari ini ?
Alhamdulillah dapat menulis blog lagi setelah beberapa waktu lalu ada pekerjaan sehingga harus fokus ke pekerjaan tsb. 

Yaaa... kali ini saya akan berbagi sedikit pengalaman saya membuat robot yang menggunakan roda Omni Wheel. 
Robot Omni Wheel, sebuah robot yang menggunaka beberapa roda Omni Wheel dan dilengkapi dengan beberapa sensor untuk pergerakannya seperti sensor pendeteksi garis, sensor ultrasonik, dll.
Robot ini mampu bergerak dan manufer ke berbagai arah tanpa harus memutar arah dari badan robot tersebut. Robot ini mampu melakukan hal tersebut karena penggunaan roda Omni Wheel pada robot tersebut. Roda Omni Wheel ini didesain bentuk lingkaran seperti roda biasa namun diberikan tambahan sub-sub roda pada bagian luarnya, sehingga sistem mekanik tersebut memungkinkan robot untuk bermanufer tanpa harus mengubah posisi badan robot.

Contoh roda Omni Wheell yang saya gunakan pada riset ini adalah Omni Wheel-3 seperti pada gambar berikut :



Dan untuk body robot sendiri seperti dibawah ini :

Disini saya menggunaka aplikasi SketchUp Pro sebagai aplikasi desain, sebenarnya aplikasi ini tidak direcomendasikan sebagai aplikasi desain mekanik, namun karena saya sudah terbiasa dengan aplikasi ini jadi ya nyaman2 gitu :D
Dan hasilnya seperti pada gambar berikut :



Nah sekian sedikit info tentang Robot Omni Wheel dari saya, ini hanya info body dan insyaallah akan saya lanjutkan pada pemasangan elektriknya atau pengontrolnya dilain waktu. terimakasih sudah berkunjung. Wassalamu'alaikum Warahmatulahi Wabarakatuh...

Kritik & saran sangat membantu untuk kemajuan blog ini ;) :D

4 comments:

  1. komputer di lab nganggur gan, pake aja. sudah terinstal SW kok

    ReplyDelete
    Replies
    1. belum terlatih sama solidwork bro :D hahaha

      Delete
  2. Wah keren gan.. ditunggu hasilnya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. makasih caa..
      hasilnya sudah dapat dilihat di lab caa..

      Delete

Mengakses LCD 16x2 dengan Arduino

    Pada postingan sebelumnya kita sudah membahas tentang mengakses lcd 16x2 dengan atmega16. Kali ini saya akan berbagi tutorial cara menga...